Cara Merawat Busana Muslim Sesuai Bahan

Cara Merawat Busana Muslim Sesuai BahanBaju gamis atau busana muslim memerlukan perawatan khusus. Busana ini memiliki harga yang mahal, sehingga anda perlu merawatnya dengan baik agar tidak cepat rusak.

Perawatan antara tiap busana muslim berbeda, terutama karena perbedaan jenis kain yang dipergunakan. Berikut ini adalah tips merawat busana muslim sesuai dengan jenis kain. Yang pertama adalah untuk kain satin. Satin tergolong jenis kain yang perawatannya tidak rewel.

Saat ingin mencuci, sebaiknya kain ini direndam terlebih dahulu sekitar 10 menit. Cucilah dengan tangan. Hindari memakai mesin cuci karena itu bisa merusak tekstur kain lebih cepat. Pakai detergen yang ramah bahan, kucek dengan tangan secara lembut dan bilas hingga bersih. Setelah itu peras sedikit dan langsung dijemur.

Busana muslim berbahan katun juga perawatannya cukup mudah, bahkan lebih mudah dibandingkan satin. Namun begiitu, ada beberapa hal perlu dilakukan agar kain ini terlihat indah lebih lama. Sebelum mencuci, pastikan busana anda sudah bersih dari noda yang mengeras.

Jika noda masih bisa dibersihkan dengan tangan, bersihkan dulu. Setelah itu rendam ke dalam air yang sudah dicampur dengan penghilang noda pakaian. Setelah bersih, bilas hingga bersih, peras, dan langsung dijemur. Katun masih menjadi bahan favorit karena kain ini sangat mudah dalam perawatannya. Selain itu, dari segi kenyamanan, katun juga sangat baik karena tidak membuat panas dan bisa menyerap keringat.

Jenis kain berikutnya yang juga digemari untuk baju gamis adalah kain sifon. Berbeda dengan jenis kain sebelumnya, sifon termasuk yang paling rumit dan membutuhkan perhatian ekstra. Kain sifon sebaiknya dicuci memakai air hangat karena jenis kain ini cepat menyusut. Tidak perlu suhu yang terlalu tinggi. Rendam di dalam air hangat-hangat kuku atau sekitar 40 derajat Celsius.

Deterjen yang dipakai juga tidak boleh sembarangan. Pakai detergen lembut yang memang dirancang khusus untuk jenis kain seperti ini. Mencuci boleh, namun jangan campurkan dengan busana berbahan lain. Jika bisa dilakukan dengan tangan, lebih baik jika dicuci dengan tangan. Merendam dan mencuci juga jangan terlalu lama karena bisa melunturkan warna dengan cepat.

Pengeringan sebaiknya dilakukan dengan diangin-anginkan tidak langsung dijemur di bawah sinar matahari. Itu tadi tips merawat busana muslim sesuai bahan

Artikel Terkait:

No Responses