Pasar Busana Muslim Di Eropa

Kalau berbicara mengenai Eropa hal yang terlintas pertama kali adalah kebebasan,tank top dan bikini. Jadi kenapa harus busana muslim ? Tanpa disadari jumlah muslim di Eropa kian bertambah. Terlebih didaratan Eropa barat, jumlahnya kian membengkak. Ini terjadi karena faktor imigrasi yang berhasil dimulai ear paska perang. Jadi sekarang sudah menginjak generasi ke dua dan ke tiga. Menjadikan masyarakat muslim sudah berbaur dengan penduduk setempat. Ruang gerak merekapun semakin nampak dengan tidak menghilangkan ciri khas mereka sebagai seorang muslim.

Tengok seperti misalnya di Inggris. Jumlah kaum muslim disana diperkirakan sebesar 1,5 juta orang. Kebanyakan dari mereka adalah para pendatang dari Asia, utamanya Pakistan dan India. Sejumlah warga negera asli Inggris juga banyak yang memeluk Islam. Ini tentu pasar yang menarik untuk dimasuki.

Geser ke timur sedikit. di Belanda yang jumlah penduduknya berada pada angka 17 juta, hampir satu juga diantaranya adalah muslim. Kebanyakan dari mereka adalah imigran asal Turki dan Maroko. Ditambah asal Suriname bangsa Jawa dan India. Komunitas mereka makin terasa disetiap sendir kehidupan negara. Sudah banyak yang jadi public figur. Bahkan wali kota Rotterdam adalah seorang muslim keturunan Maroko.

Belum lagi di Jerman dan Perancis yang tak kalah besar pangsa pasarnya.Hal inilah yang terus menjadi sorotan utamanya dalam industri busana muslim Indonesia. Kiblat yang jadi acuan mode busana muslim harusnya memang berada pada negara yang berpenduduk terbesar pemeluk islam. Indonesia adalah negaranya.

Diprediksi nilai ekspor ke negara-negara eropa sebesar US$1,5 miliar per tahun untuk menguasai pasar busana muslim global, Indonesia memiliki sumber daya desainer busana muslim yang belum tersaingi oleh negara lain.

Negara lain seperti Malaysia dan Thailand juga sudah mulai memiliki desainer busana muslim tapi masih belajar dari Indonesia. Yang diperlukan sekarang adalah kemampuan mass production, tapi ini masih terkendala modal yang besar. bila ada pengusaha yang mau memberi modal untuk produksi dan pemasaran, niscaya pasar angkat semakin terangkat naik. Dan konsumenpun semakin terus bertambah karena seiring menyebarnya info dan berita perkembangan industri busana muslim ini.

Artikel Terkait:

No Responses