Pertama Kali : Muslimah Dengan Kerudung, Menjadi Model H&M

model-muslimahUntuk pertama kalinya dalam sejarah, seorang model muslimah mengenakan busana muslim terpampang pada reklame rumah mode terkenal dunia : H&M. Model muslimah asal Inggris ini muncul bebarengan dengan orang berkaki besi, seorang pria yang pakai rok, Sikh dengan tulban. reklame video dengan judul “close the loop” ini bertujuan mempromosikan keragaman manusia didunia dengan segala latar belakang budaya, kepercayaan dan gaya hidup.

Lalu apa sebenarnya motif dibalik iklan ini ? Apakah karena sudah tidak lagi, atau kurang ideoligis atau hanya ingin masuk ke pasar muslim yang begitu besar ?. Dengan umat muslim diseluruh dunia sebanyak 1,6 milyar, merupakan pasar yang potensial yang patut diperhitungkan. Oleh karena itu langkah ini dianggap sebagai salah satu strategi jitu menggaet hati para muslimin diseluruh dunia.

Satu tonggak sejarah yang sangat membatu terbukanya tirai barat dan timur. Ditengah isu negatif Islam didunia barat, langkah ini dinilai berani, karena akan bersinggungan dengan konsumen lain yang rata-rata dari negara barat. H&M sendiri merupakan perusahan Swedia, dimana perkembangan muslim di Eropa sangatlah pesat. Tingkat pendidikan dan ekonomi muslim dengan kemampuan daya beli yang kuat menjadi pasar menarik.

Menurut data terakhir dari berbagai sumber, pertumbuhan umat muslim di dunia begitu cepat. Tidak terkecuali di Eropa. Diperkirakan pada tahun 2019 muslimin di seluruh dunia akan membelanjakan uang sebesar 484 milyar. Yang sebagian besar akan dihabiskan untuk keperluan pakaian dan sepatu. Sementara itu pada tahun 2003, total pengeluaran seluruh umat muslim masih hanya sebatas 266 Milyar.

Penelitian yang dilakukan oleh Thomas Reuters dan biro penasehat Dinar Standard sangat membuat produsen pakaian sumringah. Makanya langkah yang diambil harus dilakukan dari sekarang. Jangan sampai kalah start. Siapa yang menanam lebih dini makan akan memanen hasilnya nanti lebih awal. Seperti yang telah dilakukan oleh mode lain seperti Mango, DKNY,Tommy Hilfiger pada saat ramadhan kemarin.

Adalah proyek Ramadahn Rush, yang meyajikan paket pakaian sesuai kebutuhan umat muslim. Khusus untuk suasan Lebaran mereka membuat pakain panjang sesuai syari. Dan juga kerudung yang cenderung mudah untuk dibuat. Karena tidak banyak beda dengan syal.

Model dalam reklame video itu sendiri bernama Idrissi, seorang blogger kecantikan berdara Pakistan-Marokko. Dia tinggal di London dan berkutat diblog bernama Fusion, juga pengelola sebuah salon kecantikan. Dia sangat percaya dengan maksud baik H&M dengan mengedepankan model berhijab. Ditengarai dengan boomingnya mode hijab diseluruh penjuru dunia. Suatu langkah besar bahwa kerudung bisa diterima oleh sebuah merk besar dan menjadi jamuan khalayak ramai.

 

Artikel Terkait: