Perpaduan Busana Muslim Dengan Kain Tradisional

Perpaduan Busana Muslim Dengan Kain TradisionalBusana muslim telah menjadi keseharian wanita indoenesia. Busana ini tidak lagi hanya menjadi pelengkap di saat beribadah, namun telah menjelma menjadi pakaian sehari-hari. Sekarang kita bisa dengan mudah menemukan wanita yang memakai setelan busana muslim di tempat kerja, mall, serta di tempat lainnya.

Seperti halnya tren fashion yang lain, busana muslim membutuhkan penyegaran secara konstan agar desainnya tidak menjemukan. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh para perancang Indonesia adalah memadukan busana muslim dengan kain tradisional.

Pakaian muslim bisa dibuat dari beragam material. Selain itu model dan coraknya juga sangat beragam mengikuti perkembangan dan permintaan konsumen. Katun masih menjadi bahan favorit untuk pakaian muslim karena kain ini memang dikenal nyaman dipakai dan tidak menyebabkan berkeringat.

Sutra juga merupakan alternatif, namun tidak semua orang cocok memakai bahan ini untuk pakaian yang mereka kenakan. Sutra memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga mengikuti lekukan tubuh saat dipakai. Mereka yang memiliki bentuk tubuh kurang ideal akan merasa terganggu dengan jenis bahan yang seperti ini.

Kain tradisional Indonesia ada banyak. Salah satu yang paling populer adalah kain songket. Songket juga memiliki beragam motif dan corak tergantung dari dimana songket tersebut dibuat. Kain tenun dan batik bisa menjadi aksen tambahan.

Pada dasarnya baju muslim perempuan sangat fleksibel. Anda bisa memadukannya dengan beragam jenis kain. Kain tradisional bisa menjadi bahan baku utama untuk baju gamis, bisa juga hanya sebagai hiasan. Batik memiliki corak yang sangat kuat. Kain ini sangat khas. Jika dipakai secara keseluruhan, kesan casual dari busana muslim mungkin akan hilang tak berbekas.

Oleh sebab itu, kain tradisional ini lebih dipilih sebagai pelengkap, misalnya sebagai atasan untuk pakaian muslim yang terbuat dari bahan sifon.

Songket memiliki tekstur yang agak kaku dan tebal. Bahan ini akan bersanding dengan baik dengan sutra yang dikenal lembut. Tidak hanya memadukan kain tradisional, namun busana ini akan terlihat semakin menarik dengan tambahan pernak-pernik di beberapa bagian. Kain tenun juga memiliki corak yang kuat, sehingga lebih cocok dipadukan dengan bahan yang tidak terlalu mencolok agar tidak menimbulkan kesan berlebihan

Artikel Terkait: