Tips Memadukan Baju Muslim

baju muslim 1Tampil santun namun tetap stylish menjadi sebuah tantangan para muslim dewasa ini. Pandangan bahwa baju muslim itu kuno, suram hingga membosankan harus anda buang jauh-jauh. Karena baju muslim kini tengah berkembang pesat sehingga anda dapat menentukan sendiri gaya-gaya yang sesuai dengan diri anda. Agar lebih mudah menentukan gaya yang sesuai, simak tips memadukan baju muslim, berikut ini:

1. Sesuaikan dengan usia
Gaya berbusana tentunya akan terus berubah sesuai dengan usia anda. Jika anda masih remaja, tentunya baju muslim yang dapat dikenakan masih beragam. Remaja muslim umumnya memadukan gamis dengan hijab yang ditata dengan stylish. Model gamis yang umumnya dipakai adalah gamis berenda atau gamis yang ditumpuk dengan cardigan. Sedangkan untuk warna, remaja tentunya lebih banyak memilih warna cerah agar tampak segar dan ceria.

Namun jika anda sudah menginjak usia dewasa, baju muslim khususnya gamis lebih umum yang bermodelkan brokat. Untuk warna, perempuan dewasa lebih banyak memakai warna kalem seperti coklat atau merah maroon.

2. Sesuaikan dengan acara
Berpakaian tentunya harus menyesuaikan dengan tujuan acara si pemakai. Apabila anda hendak menghadiri sebuah acara formal seperti pesta, anda dapat memakai model gamis gaun yang sedikit lebih eksentrik. Eksentrik ini dapat berupa model brokat atau pun model renda. Sedangkan untuk paduan hijab, anda dapat memadukan hijab sifon dengan hijab satin. Bahan kebaya tersebut akan menampilkan kesan glamor dan mewah.

Sedangkan jika anda ingin menghadiri acara non-formal, anda dapat memilih model gamis gaun polos yang tidak banyak variatif. Meski pun polos, anda masih dapat tampil menawan dengan pilihan warna serta paduan dengan hijab. Hijab yang padukan lebih baik merupakan hijab dengan model pashmina atau bahan sifon. Tata hijab anda senyaman mungkin dan hindari tampil eksentrik.

3. Sesuaikan dengan bentuk tubuh
Seseorang dapat dikatakan salah kostum ketika tidak dapat menentukan model yang terbaik sesuai dengan bentuk tubuhnya. Tips untuk anda agar tampak ramping dengan baju muslim, khususnya gamis gaun adalah sebagai berikut:

  • Baju gamis model tumpuk. Model tumpuk semakin populer ketika anak muda memberanikan diri tampil sopan dalam menghadiri pesta. Model tumpuk yang dimaksud adalah memadukan gamis yang kemudian ditumpuk dengan cardigan, blazer, atau pun balero. Jika anda memadukan baju muslim gamis, maka hindari motif gamis yang terlalu ramai.
  • Model gamis dengan motif vertikal.
    Motif gamis yang anda pakai dapat memberikan efek pada penampilan. Agar tampak ramping, anda dapat mencoba motif vertikal. Sehingga anda juga perlu menghindari motif horizontal.
  • Gamis dengan aksen ikat pinggang
    Tambahan aksesoris dalam pakaian dapat membantu menghilangkan efek jenuh, terutama pada baju muslim. Anda dapat menambahkan aksen ikat pinggang,sehingga rok yang berbentuk melebar akan tampak proporsional dengan atasan.

Artikel Terkait: